materi 3 kurikulum lndsan filosfis pskilogis sosiolgis tknolgis
A.landasan flosfis pngmbangan kurikulum
a. Pengertian dan cbang-cbang filsafat
Istilah filsafat adalah terjemhan dari bhasa inggris phylosophy yang berasal dari perpaduan kata yunani purba ( philen) yg brrti cinta( love) dan shopia ( wisdom) brrti kbijaksanaan . Jadi secara etimologi filsafat brrti cinta kbijaksanaan secara operasional filsafat mngndung dua pengertian yakni sebgai proses ( berfilsafat) dan sebgai hasil berfilsafat( sistem atau teori dan pmkiran).
Berdasarkan ruang lingkup yg mnjadi objek kajian nya. Menurut saya filsafat adalah suatu hasil pemikiran manusia yg di teliti melalui observasi. Filsafat dapat di bagi dalam dua cbang besar:
Cabang filsafat umum terdiri atas:
1. Merafisika membahas hkikat knyataan atau realitas yang mliputi: merafisika umum atau ontologi , metafisika khusus yg mliputi kosmologi ( hakikat alam smesta) , tologi ( hakikat ktuhanan) dan antropologi filsafat ( sistem atau teori dan pemikiran). Jadi menurut sya metafisika mmbhas seluruh alam semesta yg ada di dunia yg di hasilkan melalui hasil pmikirin manusia
2. Epistemologi dan logika membahas hakikat pengetahuan , sumber pengtahuan, metode mencari pengetahuan , kesahihan pengetahuan, dan batas- batas pengetahuan dan hakikat penalaran ( induktif dan deduktif). Jdi dapat sya smpulkan epistemologi kesahihan dari bberapa sumber pengetahuan dari hasil penalaran manusia
3. Aksiologi membahas hakikat nilai dengan cbang2 nya etika( hakikat kebaikan) dan etestika ( hkikat ke indah an )
- manfaat filsafat adalah filsafat pendidikan dapat mnentukan arah akan d bwa kmna anak anak mlalui pendidikan dsekolah? Sekolah ialah suatu lmbga yg didirikan untuk mndidik anak ke arah yg dcita cita kn oleh masyarakat bangsa dan negara.
- Tujuan pendidikan
a. Health yaitu sekolah di wajibkan mempertinggi taraf ksehatan murid
b. Worthy homs membership yaitu mendidik anak2 mnjadi anggota kluarga yg brharga shingga brguna bgi masyarakat.
- Kurikulum dan filsafat pendidikan
Kurikulum pada hakikat nya adalah alat untuk mncapai tujuan pendidikan karena tujuan pendidikan sangat d pengaruhi oleh filsafat atau pndangan hidup suatu bangsa , maka kurikulum yg dkmbangkan juga harus mncerminkan falsafah atau pndangn hidup yg di anut bangsa trsbut. Oleh karena itu terdapat hubungan yg sngat erat antara kurikulum pendidikan di suatu negara dgn filsafat negara yg di anutnya.
B. Landasan psikologis pengembangan kurikulum.
1. Pendidikan senantiasa berkaitan dan prilaku manusia dalam setiap proses pendidikan trjadi interaksi antara peserta didik dengan lingkungan baik lingkungan bersifat fisik maupun lingkungan sosial. Melalui pendidikan di harapkan adanya perubhan prilaku peserta didik menuju kedewasaan baik dewasa dari segi fisik , mental emosional, moral intelektual maupun sosial harus di ingat bahwa walaupun pendidikan dan pmbljran adalah untuk mengubah prilaku manusia / peserta didik mutlak sebagai akibat dari intervensi program pendidikan.
2. Psikologi belajar dan pengembangan kurikulum
Psikologi belajar merupakan suatu studi tentang bagaimana individu belajar. Pembahasan tentang psikologi blajar erat kaitan nya dengan teori belajar . Pemahaman tentang teori teori belajar berdasarkan pendekatan psikologis adalah upaya mengenai kondisi objektif terhdap individu anak yg sedang mnglmi proses bljar dlam rangka pertumbuhan dan perkembngan menuju kedewasaan.
C. Landasan sosiologis ( sosial budaya ) dalam pengembangan kurikulum landasan sosiologis pengembangan kurikulum adalah asumsi2 yg berasal dari sosiologi yg dijadikan titik tolak dalam pengembangan kurikulum. Mengapa pengembangan kurikulum harus mengacu pada landasan sosiologis? Anak anak berasal dari masyarakat mndapat pendidikan baik formal, informal, non formal dalam lingkungan masyarakat dan bidaya dengan segala karakteristik harus mnjdi lndasan atau titik tolak dalam mlksanakan pendidikan .
Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui interaksi indani menuju manusia yg berbudaya. Dalam konteks ini lah anak didik di hadapkan dengan budaya manusia dibina dan di kmbangkan sesuai dgn nilai budaya serta dipupuk dngn kmmpuan diri nya mnjdi mnusia.fungsi sosial pendidikan:
- mngjar kterampilan
- mndorong beradaptasi lingkungan
- mmbntuk kdisiplinan
- mndorong krja klompok
- memilih bakat.
Jadi dapat di simpul kan bahwa pendidikan itu dapat merubah kita ke arah yg lebih baik drngan belajar ilmu pengetahuan dengan belajar kita dapat mnmpilkan bakat dan sling krja sama dlam lingkungan hidup baik di rumah maupun dalam masyarakat dan mndorong kita untuk lebih mandiri dan profesional
D. Landasan teknologi
Ilmu pengetahuan adalah seperangkat pengetahuan yg disusun secara sistematis sedankan teknologi adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan untuk mmchkan msalah praktis dlm khidupan krna ilmu dan pendidikan tdak bisa dpisahkan. Kegiatan pndidikan mmbutuhkan dukungan dari pnggunaan alat2 industri seperti televisi, radio, video, komputer dll. Penggunaan ini untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan. Perjembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung berumplikasi terhadap perkembangan kurikulum yg di dlam nya mncangkup pngmbngan ilmu pngtahuan isi atau materi pndidikan dan untuk memecahjan masalah. Jadi dapat di simpulksn bahwa dengam teknologi dapat mmudah kam kita untuk berkomunikasi mncari informasi dan mmudahkan kita untuk mncari ilmu pngetahuan
Sumber: pdf file.upi.edu fip.jur.PEDAGOGIK
Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui interaksi indani menuju manusia yg berbudaya. Dalam konteks ini lah anak didik di hadapkan dengan budaya manusia dibina dan di kmbangkan sesuai dgn nilai budaya serta dipupuk dngn kmmpuan diri nya mnjdi mnusia.fungsi sosial pendidikan:
- mngjar kterampilan
- mndorong beradaptasi lingkungan
- mmbntuk kdisiplinan
- mndorong krja klompok
- memilih bakat.
Jadi dapat di simpul kan bahwa pendidikan itu dapat merubah kita ke arah yg lebih baik drngan belajar ilmu pengetahuan dengan belajar kita dapat mnmpilkan bakat dan sling krja sama dlam lingkungan hidup baik di rumah maupun dalam masyarakat dan mndorong kita untuk lebih mandiri dan profesional
D. Landasan teknologi
Ilmu pengetahuan adalah seperangkat pengetahuan yg disusun secara sistematis sedankan teknologi adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan untuk mmchkan msalah praktis dlm khidupan krna ilmu dan pendidikan tdak bisa dpisahkan. Kegiatan pndidikan mmbutuhkan dukungan dari pnggunaan alat2 industri seperti televisi, radio, video, komputer dll. Penggunaan ini untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan. Perjembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung berumplikasi terhadap perkembangan kurikulum yg di dlam nya mncangkup pngmbngan ilmu pngtahuan isi atau materi pndidikan dan untuk memecahjan masalah. Jadi dapat di simpulksn bahwa dengam teknologi dapat mmudah kam kita untuk berkomunikasi mncari informasi dan mmudahkan kita untuk mncari ilmu pngetahuan
Sumber: pdf file.upi.edu fip.jur.PEDAGOGIK

Apa hubungan landasan teknologi dengan landasan filosofis?
BalasHapusHubungn nya sama2 mengembangkan ilmu pengetahuan klau filosofis mngembang ilmu pngtahuan d alam hasil pmikran manusia dngn hasil pnelitian maka di butuh kn pndukung mnggunakan teknologi untuk mmcahkan msalah untuk mngmbangkan ilmu pngtahuan trsbut
BalasHapusKenapa dalam mengembangkan kurikulum itu harus berdasarkan landasan? Apakah tanpa landasan kurikulum tidak bisa kembangkan??
BalasHapusTidak,, krna tnpa landasan kita tdak tau tujuan pmbuatan kurikulum tersebut
Hapusbagaimanakah landasan sosiologis yang baik bagi pengembangan anak usia dini ???
BalasHapusDengan mngenal kan kpda anak untuk bljar klompok disana ank akn terbiasa untuk bkrja sama sling mnolong dalam sesama, mngajar knktermpilqn pda anak sehingga dari situ nmpak bkat nya
HapusBerikan contoh landasan psikologi pada anak usia dini..
BalasHapusApakah sekolah aud sudah mnggunakan teknologi dan teknologi apa yg sudah digunakan.
BalasHapusSudah,, seperti infokus dan tv bserta leptop
Hapus
BalasHapusBagaimana cara mengaplikasikan landasan sosiologis kepada aud?
Dengan cara mngajar kan kpda anak untuk mnmpilkan bkat nya dan anak di ajar kan untuk bljar klompok dari situ sosial anak nmpak saling mmbntu satu sama lain
HapusBagaiamana pengaruh teknolgi terhadap ilmu pengetahuan, coba jelaskan
BalasHapusMempermudah informasi dan mnambah wawasan
HapusSeperti apakah hubungan yang sangat erat antara hubungan antara kurikulum pendidikan dinegara dan filsafat pendidikan yang dianutnya?
BalasHapusHubungn nya sama2 mencapai tujuan karna itu di butuh kan suatu penelitian dulu dari hasil pmikirin mnusia
HapusBerikan contoh landasan sosiologis
BalasHapusContoh nya dlam pendidikan anak usia dini adalah ketika anak di ajk untuk berklompok dlm sentra rncang bngun mka d sana ank akn trjdi sosial dengn teman nya
Hapus