materi 4 kurikulum
A.
Komponen tujuan
Komponen
tujuan berhubungan dengan arah atau hasil yang diharapkan dalam skala makro
rumusan tujuan kurikukulum erat kaitan nya dengan filsafat atau system nilai
yang dianut masyarakat bahkan, rumusan tujuan menggambarkan suatu masyarakat
yang dicita-citakan.tujuan pendidikan memiliki klasifikasi, dari mulai tujuan
yang sangat umum sampai tujuan khusus yang bersifat spesifik dan dapat diukur
yang kemudian dinamakan kompetensi. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi
4:
1. Tujuan
pendidikan nasional adalh tujuan yang bersifat paling umum dan merupakan sasran
yang harus dijadikan pedoman oleh setiap pendidikan. Tujuan pendidikan umum
biasanya dirumuskan dalam bentuk prilakuyang ideal sesuai dengan pandangan
hidup dan filsafat suatu bangsa yang dirumuskan oleh pemerintah dalam bentuk
undang-undang. Secara jelas tujuan pendidikan nasional yang bersumber dari stem
nilai pancasila dirumuskan dalam uu No. 20 tahun 2003 pasal 3, bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watakserta peradapan
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri dan menjdi warganegara yang demokratis serta
bertanggung jawab.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidkan
sangat penting bagi kehidupan manusia
dalam rangka mencerdasan anak selanjut nya supaya tujuan kurikulum itu
tercapai sesuai dengan keinginan kurikulum.
2. Tujuan
institusional adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan. Tujuan
institusional merupakan tujuan antara untuk mencapai tujuan umum yang
dirumuskan dalam bentuk kopetensi lulusan setiap jenjang pendidikan, missal nya
standar kopetensi pendidkan dasar menengah, kejujuran, dan jenjang pendidikan
tinggi.
Jadi dapat disimpulkan agar tercapai nya
dalam setiaplembaa pendidikan baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan
tinggi.
3. Tujuan
kurikuler adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau mata
pelajaran. Tujuan kurikuler juga pada dasar nya merupakan tujuan antara untuk
mencapai tujuan lembaga pendidikan. Dengan demikian, setiap tujuan kurikuler
harus dapat mendukung dan dan diarahkan untuk mencapai tujuan institusional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
setiaptujuan kurikuler harus dapat mendudkung dan diarahkan untuk mencapai
tujuan institusional.
4. Tujuan
pembelajaran yang merupakan bagian daritujuan kurikuler, dapat didefensikan
sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh anak didik setelah mereka
mempelajari bahasan tertentu dalambidang studi tertentu dalam satu kali
pertemuan. Karena hanya guru yang memahami kondisi lapangan, termasuk memahami
karakteristik siswa yang akan melakuakn pembelajaraan disuatu sekolah, maka
menjabarkan tujuan pembelajaran adalah tugas guru.
Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap guru
harus memahami karakteristik siswa dalam suatu pembelajaran karna itu adalah
sebuah tugas guru disekolah untuk memperhatiakn sisiwa nya dalam beraktivitas
supaya terdidik dengan baik dan yang di inginkan umat dan bangsa.
B.
Komponen isi/materi pelajaran
Isi kurikulum merupakan komponen yang
berhubungan dengan pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa. Isi kurikulum
itu menyangkut semua aspek baik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau
materi pelajaran yang biasanya tergambarkan pada isi setiap mata pelajaran yang
diberikan maupun aktivitas dan kegiatan siswa. Baik materi maupun aktivitas itu
seluruh nya diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Dapat disimpulkan bahwa isi kurikulum
itu menyangkut semua aspek baik materi
maupun aktivitas seluruh nya untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
C.
Komponen metode/strategi
Metode
merupakan komponen ketiga dalam pengembangan kurikulum. Komponen ini merupakan
komponen yang memiliki peran yang sangat
penting, sebab berhubungan dengan implementasi kurikulum. Begitu pula dengan
pendapat T. Rakjoni yang mengartika strategi pembelajaran dan urutan umum
perbuatan guru-siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
Dari
dua pengertian diatas ada dua hal yang perlu diamati yaitu:
1. Strategi
pembelajaran merupakan rencana tindakan
( rangkaina tindakan ) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan sebagai
sumberdaya / kekuatan dalam pembelajaraan.
2. Strategi
disusun untuk mencapai tujuan tertentu.
Metode
adalah upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
kegiatan nyata agar tujuan yang telah dsusun tercapai secara optimal. Metode juga
digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Dalam satu
strategi pembelajaran digunakan dalam metode. Strategi berbeda dengan metode. Strategi
menunjukan pada a plan of operation achieving something , sedangkan metode
adalah a way in achieving something.
D.
Komponen evaluasi
Tujuan
evaluasi yang komprehensif dapat ditinjau dari tiga dimesnsi :
a. Dimensi
1
1. Formatif
: evaluasi dilakukan sepanjang pelaksanaan kurikulum. Data dikumpulkan dan
dianalisis untuk menemukan masalah serta mengadakan perbaikan sedini mungkin.
2. Sumatif
: proses evaluasi dilakukan pada akhir jangka waktu tertentu, misalnya pada
akhir semester, tahun pelajaran atau setelah lima tahun untuk mengetahuievektifitas
kurikulum dengan menggunakan semua data yang dikumpulkan selam pelaksanaan dan
akhir proses implementasi kurikulum.
b. Dimnsi
2
1. Proses:
yang dievaluasi adalah metode dan proses dalam pelaksanaan kurikulum. Tujuan nya
ialah untuk mengetahui metode dan proses yang digunakan dalamimplemntasi
kurikulum. Metode apakah yang digunakn ? apakah tepat peenggunaan nya ? apakah
berhasil baik atau tidak? Kesulitan apa yang dihadapi?
2. Produk
: yang dievaluasi adalah hasil-hasl yang nyata, yang dapat dilihat dari
silabus, satuan pelajaran dan alat pelajaran yang dihasilkan oleh guru dan
hasil siswa berupa hasil test, karangan, termasuk tesis, makalah.
c. Dimensi
3
1. Operasi
: disini dievaluasi keseluruhan proses pengembangan kurikulum termasuk
perencanaan, disein, implementasi, administrasi, pengawasam, pemantauan dan
penilaian juga biaya, staf pengajar,penerimaan siswa.
2. Hasil
belajar siswa disini dievaluasi adalah hasil belajar siswa berkenaan dengan
kurikulum yang harus dicapai dinilai berdasarkan standar yang telah ditentukan
dengan mempertimbangakn kuikulum, misi lembaga pendidikan serta tuntutan dari
pihak konsumen luar.
jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi dilakukan pada akhir semester untuk menemukan masalah dengan tujuan untuk mengetahui metode dan proses yang digunakan dalam implementasi kurikulum apakah guru berhasil dalam mendidik siswa dan evaluasi bisa dengan lisan maupun tulisan
Sumber: pdf file.upi.edu JUR-PEND.LUAR.BIASA
jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi dilakukan pada akhir semester untuk menemukan masalah dengan tujuan untuk mengetahui metode dan proses yang digunakan dalam implementasi kurikulum apakah guru berhasil dalam mendidik siswa dan evaluasi bisa dengan lisan maupun tulisan
Sumber: pdf file.upi.edu JUR-PEND.LUAR.BIASA

BalasHapusDalam.komponen strategi di stu dijelaskan bahwa strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu..tujuan yang seperti apa?jelaskan!
Seperti tujuan kurikuler harus di capai oleh setiap bidang studi atau peljaran tujuan nya untuk mncapai lmbaga pendidikan setiap tujuan kurikuler harus dapat mndukung dan di arah kan untuk mncapai tujuan institusional
HapusBagaimana isi atau komponen yang baik ?
BalasHapusDengan cara guru harus mngajar anak dengan baik dan guru harus mngjar kan ank didik sesuai dengn kurikulum yg telah d tetap kan spya hasil blajar siswa dpat trcpai sesuai dengn ke inginan
HapusJika komponen kurikulum tidak lengkap apa yang terjadi ? Jelaskan
BalasHapusMaka pembelajaran tersebut tidak berjalan sesuai dngan kurikulum krna kurikulum itu harus berksinambungan
HapusApakah masing2 komponen tersebut memiliki tujuan yg sama? Coba jelaskan
BalasHapusYa, krna sama2 untuk mencapai suatu pendidikan dan tercpai nya suatu pmblajaran sehingga mnjadikan anak yg cerdas kreati aktif untuk khidupan bangsa dan negara
Hapus