materi 13-14 Promes rkm rkh kurikulum
A. aPROGRAM
SEMESTER
Perencanaan
semester atau promes merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema,
tingkat pencapaian perkembangan, capaian prkembangan dan indicator yang ditata
secar urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan
tema dan sebaran kedalam semester 1 dan 2.
Dalam
pengembangan program semester harus memerhatikan beberapa langkah yaitu
mempelajari isi document kurikulum yang berupa pedoman pengembangan program
pembelajaran; memilih tema yang akan digunakan dan menetapkan alokasi waktu
untuk setiap tema; serta mengidentifikasi tema menjadi sub tema kemudia di
bentuk dalam bentuk table.
1. Tema
Tema disini merupakan
focus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajran. Funggsi
nya untuk menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh atau
holistic, memperkaya pembendaharaan bahasa anak, membuat pembelajaran lebih
bermakana dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
Adapun tema PAUD pada
semester satu mencangkup diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan
tanaman. Untuk tema semester 2 meliputi rekreasi, pekerjaan, air, udara, api,
alat komuniasi, tanah airku, dan alam semesta.
Tema yyang baik selau
memperhatikan beberapa prinsip antara lain kedekatan, kesederhanaan,
kemenarikan dan keinsidetelan.
2. Identifikasi
tema kedalam subtema
Identifikasi tema
kedalam subtema ini biasa nya dilakukan pada tahun awal pembelajaran melalui
berbagai pertimbangan antar lain pengalaman perckapan awal dengan anak didik tentang
tema ; gambar hasil karya sisiwa ; topic percakapan sisiwa dengan teman sebaya
nya ; alat bermain yang sering dimainkan sisiwa.
Identifikasi tema
menjadi subtema biasa nya dilakukan pada awal tahun pelajran, ssementara
identifikasi subtema menjadi subtema yang lebih spesifik lgi dilakukan di akhir
kegiatan pada ttema sebelum nya. Tujuan nya agar tema yang dijadika acuan
kegiatan bersal dari pemikiran siswa.
3. Identifikasi
tema menjadi legitan
Selanjut nya subtema di
identfikasi menjadi berbagai kegiatan yang terkait dengan subtema tersebut.
Untuk lebi memudahkan dalam identifikasi, bisa menggunkn klimat tnya “5W 1H.
B.
PERENCA. aPROGRAM
SEMESTER
Perencanaan
semester atau promes merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema,
tingkat pencapaian perkembangan, capaian prkembangan dan indicator yang ditata
secar urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan
tema dan sebaran kedalam semester 1 dan 2.
Dalam
pengembangan program semester harus memerhatikan beberapa langkah yaitu
mempelajari isi document kurikulum yang berupa pedoman pengembangan program
pembelajaran; memilih tema yang akan digunakan dan menetapkan alokasi waktu
untuk setiap tema; serta mengidentifikasi tema menjadi sub tema kemudia di
bentuk dalam bentuk table.
1. Tema
Tema disini merupakan
focus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajran. Funggsi
nya untuk menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh atau
holistic, memperkaya pembendaharaan bahasa anak, membuat pembelajaran lebih
bermakana dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
Adapun tema PAUD pada
semester satu mencangkup diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan
tanaman. Untuk tema semester 2 meliputi rekreasi, pekerjaan, air, udara, api,
alat komuniasi, tanah airku, dan alam semesta.
Tema yyang baik selau
memperhatikan beberapa prinsip antara lain kedekatan, kesederhanaan,
kemenarikan dan keinsidetelan.
2. Identifikasi
tema kedalam subtema
Identifikasi tema
kedalam subtema ini biasa nya dilakukan pada tahun awal pembelajaran melalui
berbagai pertimbangan antar lain pengalaman perckapan awal dengan anak didik tentang
tema ; gambar hasil karya sisiwa ; topic percakapan sisiwa dengan teman sebaya
nya ; alat bermain yang sering dimainkan sisiwa.
Identifikasi tema
menjadi subtema biasa nya dilakukan pada awal tahun pelajran, ssementara
identifikasi subtema menjadi subtema yang lebih spesifik lgi dilakukan di akhir
kegiatan pada ttema sebelum nya. Tujuan nya agar tema yang dijadika acuan
kegiatan bersal dari pemikiran siswa.
3. Identifikasi
tema menjadi legitan
Selanjut nya subtema di
identfikasi menjadi berbagai kegiatan yang terkait dengan subtema tersebut.
Untuk lebi memudahkan dalam identifikasi, bisa menggunkn klimat tnya “5W 1H.
B.
PERENCANAAN MINGGUAN
Perencanaan
mingguan merupakan enjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan
dalam rangka mencapai indicator yang telah direncanakan dalam satu minggu
sesuai dengan keluasan pembhasan tema dan subtemaa. Perencanaan mingguan dapat
disusun daalam model pembelajaran keompok, area sudut, maupun sentra.
Komponen
RKM untuk semua model pembeljran tersebut sama, yaitu tema dan subtema ,
alokasi waktu, aspek perkembangan ,
serta kegitan per aspekperkembangan. Untuklangkah-langkaah perkembangan RKM
antaraa lain: menjabaarkan tema dan merinci sub tema ; membuat atrik hubungan
tema subtema dengan kegiatan dan mnjbarkn
indicator mnjdi kegiatan-kegiatan.
C.
PERENCANAAN HARIAN
Perncanaa
harian meruapakn penjabaran dari RKM yang berisi kegiatan-kegiatan pembljran,
mulai dari kegiatan pembukaa, kegiatan inti, istirahat atau makan, sampai
kegiatan penutup, RKH dapat disusun dalam beerapa model pembelajran
anatara lain pembljaran kelompok sudut, area maupun sentra.
SUMBER:
Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan
Inovasi Kurikulum PAUD 2013.
Bndung: PT Remaja RosdakaryaANAAN MINGGUAN
Perencanaan
mingguan merupakan enjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan
dalam rangka mencapai indicator yang telah direncanakan dalam satu minggu
sesuai dengan keluasan pembhasan tema dan subtemaa. Perencanaan mingguan dapat
disusun daalam model pembelajaran keompok, area sudut, maupun sentra.
Komponen
RKM untuk semua model pembeljran tersebut sama, yaitu tema dan subtema ,
alokasi waktu, aspek perkembangan ,
serta kegitan per aspekperkembangan. Untuklangkah-langkaah perkembangan RKM
antaraa lain: menjabaarkan tema dan merinci sub tema ; membuat atrik hubungan
tema subtema dengan kegiatan dan mnjbarkn
indicator mnjdi kegiatan-kegiatan.
C.
PERENCANAAN HARIAN
Perncanaa
harian meruapakn penjabaran dari RKM yang berisi kegiatan-kegiatan pembljran,
mulai dari kegiatan pembukaa, kegiatan inti, istirahat atau makan, sampai
kegiatan penutup, RKH dapat disusun dalam beerapa model pembelajran
anatara lain pembljaran kelompok sudut, area maupun sentra.
SUMBER:
Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan
Inovasi Kurikulum PAUD 2013.
Bndung: PT Remaja Rosdakarya

Coba beri kn cntoh rkh
BalasHapus