materi 13-14 Promes rkm rkh kurikulum

A.    aPROGRAM SEMESTER
Perencanaan semester atau promes merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema, tingkat pencapaian perkembangan, capaian prkembangan dan indicator yang ditata secar urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebaran kedalam semester 1 dan 2.
Dalam pengembangan program semester harus memerhatikan beberapa langkah yaitu mempelajari isi document kurikulum yang berupa pedoman pengembangan program pembelajaran; memilih tema yang akan digunakan dan menetapkan alokasi waktu untuk setiap tema; serta mengidentifikasi tema menjadi sub tema kemudia di bentuk dalam bentuk table.
1.      Tema
Tema disini merupakan focus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajran. Funggsi nya untuk menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh atau holistic, memperkaya pembendaharaan bahasa anak, membuat pembelajaran lebih bermakana dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
Adapun tema PAUD pada semester satu mencangkup diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman. Untuk tema semester 2 meliputi rekreasi, pekerjaan, air, udara, api, alat komuniasi, tanah airku, dan alam semesta.
Tema yyang baik selau memperhatikan beberapa prinsip antara lain kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan dan keinsidetelan.
2.      Identifikasi tema kedalam subtema
Identifikasi tema kedalam subtema ini biasa nya dilakukan pada tahun awal pembelajaran melalui berbagai pertimbangan antar lain pengalaman perckapan awal dengan anak didik tentang tema ; gambar hasil karya sisiwa ; topic percakapan sisiwa dengan teman sebaya nya ; alat bermain yang sering dimainkan sisiwa.
Identifikasi tema menjadi subtema biasa nya dilakukan pada awal tahun pelajran, ssementara identifikasi subtema menjadi subtema yang lebih spesifik lgi dilakukan di akhir kegiatan pada ttema sebelum nya. Tujuan nya agar tema yang dijadika acuan kegiatan bersal dari pemikiran siswa.
3.      Identifikasi tema menjadi legitan
Selanjut nya subtema di identfikasi menjadi berbagai kegiatan yang terkait dengan subtema tersebut. Untuk lebi memudahkan dalam identifikasi, bisa menggunkn klimat tnya “5W 1H.
B.     PERENCA.    aPROGRAM SEMESTER
Perencanaan semester atau promes merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema, tingkat pencapaian perkembangan, capaian prkembangan dan indicator yang ditata secar urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebaran kedalam semester 1 dan 2.
Dalam pengembangan program semester harus memerhatikan beberapa langkah yaitu mempelajari isi document kurikulum yang berupa pedoman pengembangan program pembelajaran; memilih tema yang akan digunakan dan menetapkan alokasi waktu untuk setiap tema; serta mengidentifikasi tema menjadi sub tema kemudia di bentuk dalam bentuk table.
1.      Tema
Tema disini merupakan focus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajran. Funggsi nya untuk menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh atau holistic, memperkaya pembendaharaan bahasa anak, membuat pembelajaran lebih bermakana dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
Adapun tema PAUD pada semester satu mencangkup diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman. Untuk tema semester 2 meliputi rekreasi, pekerjaan, air, udara, api, alat komuniasi, tanah airku, dan alam semesta.
Tema yyang baik selau memperhatikan beberapa prinsip antara lain kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan dan keinsidetelan.
2.      Identifikasi tema kedalam subtema
Identifikasi tema kedalam subtema ini biasa nya dilakukan pada tahun awal pembelajaran melalui berbagai pertimbangan antar lain pengalaman perckapan awal dengan anak didik tentang tema ; gambar hasil karya sisiwa ; topic percakapan sisiwa dengan teman sebaya nya ; alat bermain yang sering dimainkan sisiwa.
Identifikasi tema menjadi subtema biasa nya dilakukan pada awal tahun pelajran, ssementara identifikasi subtema menjadi subtema yang lebih spesifik lgi dilakukan di akhir kegiatan pada ttema sebelum nya. Tujuan nya agar tema yang dijadika acuan kegiatan bersal dari pemikiran siswa.
3.      Identifikasi tema menjadi legitan
Selanjut nya subtema di identfikasi menjadi berbagai kegiatan yang terkait dengan subtema tersebut. Untuk lebi memudahkan dalam identifikasi, bisa menggunkn klimat tnya “5W 1H.
B.     PERENCANAAN MINGGUAN
Perencanaan mingguan merupakan enjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indicator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembhasan tema dan subtemaa. Perencanaan mingguan dapat disusun daalam model pembelajaran keompok, area sudut, maupun sentra.
Komponen RKM untuk semua model pembeljran tersebut sama, yaitu tema dan subtema , alokasi  waktu, aspek perkembangan , serta kegitan per aspekperkembangan. Untuklangkah-langkaah perkembangan RKM antaraa lain: menjabaarkan tema dan merinci sub tema ; membuat atrik hubungan tema subtema dengan kegiatan  dan mnjbarkn indicator mnjdi kegiatan-kegiatan.
C.     PERENCANAAN HARIAN
Perncanaa harian meruapakn penjabaran dari RKM yang berisi kegiatan-kegiatan pembljran, mulai dari kegiatan pembukaa, kegiatan inti, istirahat atau makan, sampai kegiatan penutup, RKH dapat disusun dalam beerapa model  pembelajran  anatara lain pembljaran kelompok sudut, area  maupun sentra.
SUMBER: Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bndung: PT Remaja RosdakaryaANAAN MINGGUAN
Perencanaan mingguan merupakan enjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indicator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembhasan tema dan subtemaa. Perencanaan mingguan dapat disusun daalam model pembelajaran keompok, area sudut, maupun sentra.
Komponen RKM untuk semua model pembeljran tersebut sama, yaitu tema dan subtema , alokasi  waktu, aspek perkembangan , serta kegitan per aspekperkembangan. Untuklangkah-langkaah perkembangan RKM antaraa lain: menjabaarkan tema dan merinci sub tema ; membuat atrik hubungan tema subtema dengan kegiatan  dan mnjbarkn indicator mnjdi kegiatan-kegiatan.
C.     PERENCANAAN HARIAN
Perncanaa harian meruapakn penjabaran dari RKM yang berisi kegiatan-kegiatan pembljran, mulai dari kegiatan pembukaa, kegiatan inti, istirahat atau makan, sampai kegiatan penutup, RKH dapat disusun dalam beerapa model  pembelajran  anatara lain pembljaran kelompok sudut, area  maupun sentra.

SUMBER: Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bndung: PT Remaja Rosdakarya

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer